Sabtu, 09 April 2016

Cara Memperbaiki Hard Disk Boot Sector

Cara Memperbaiki Hard Disk Boot Sector


apa kabar kawan kali ini saya akan mencoba membahas bagaimana cara memperbaiki hard disk boot sector pada pc kita maupun laptop, ada berbagai macam cara yang bisa di lakukan pada saat memperbaiki hardisk yang terkena penyakit bootsector adapun cara-caranya yaitu dengan meng clean disk atau istilah lainya yaitu membersihkan hard disk nah membersihkan hardisk ini bukan berarti hard disknya di bersihkan dengan air itu salah besar bung.

mengclean hard disk berarti membersihkan file yang tidak perlu atau bisa dikatakan file itu bagaikan sampah yang menumpuk lalu di bersihkan, nah caranyapun nanti saya akan mengulasnya dengan kemampuan dan pengetahuan yang saya miliki.

adapun dengan cara lain yaitu dengan cara terakhir dengan cara low level format hard disk, mendengar kata format saja kalian pasti sudah tidak asing bukan.

 Baca Juga : Cara Mengoptimalkan Kinerja Komputer dan Laptop

ya low level format sendiri berarti meformat hardisk dengan penuh atau dengan kata lain tidak akan ada yang tersisah sedikitpun file yang terdapat dalam hard disk dan kitapun harus mempartition hard disk dari awal.
yapz kita harus mengatur partition hardisk secara benar dan sesuaikan dengan kebutuhan pada setiap disk partition, low level format sendiri dilakukan apabila hard disk dalam keadaan yang parah sehingga tidak di mungkinkan untuk di buka mengoperasikannya manfaat low level format.

nah kali ini saya akan membahas cara yang pertama yaitu cara mengclean hard disk.
pada awalnya ketika saya baru bisa computer saya panik dan kaget ketika hard disk saya rusak dan terasa sangat lemot sekali ketika saya selidiki ternyata hard disk saya perlu di clean hard disk karena filenya yang terlalu menumpuk dan banyak virusnya, nah setelah itu saya pun mencoba untuk browsing ke internet.

setelah saya browsing dan ternyata saya pun menemukan trik yang sesuai untuk mengatasi kerusakan pada hard disk saya dan saya pun langsung mencobanya setelah itu saya terfikirkan untuk membuat artikel ini agar bisa memberikan informasi dan kita bisa sama-sama bertukar pikiran.

pada dasarnya hard disk akan menjadi awer apa bila kita dapat merawatnya dengan baik, nah menurutku cara perawatannya pun sangat tergolong mudah dan simpel saah satu caranya yaitu yang sering di lewatkan oleh pengguna komputer : tidak memberikan folder pada suatu file artinya kalau kita memisahkan antara file satu dengan yang lain yang tidak sejenis saya berikan contoh saja:

file movie di dalamnya kita buat folder lagi seperti movie indonesia, movie hollywod, movie bollywod dan sebagainya dan setelah itu di dalam file tersebut hendak nya kita membentuk sebuah folder baru.

ini berguna untuk memperpanjang masa penggunaan dari hardisk itu sendiri nah kembali lagi tentang masalah pengertian  hard disk boot sector, boot sector sendiri adalah kondisi pada hard disk dimana bagian yang tidak bisa di gunakan oleh sistem dikarenakan terdapat kerusakan maupun kegagalan pada os saat mengaksesnya dan ini juga yang menyebabkan lambatnya proses saat hard disk bekerja.

adapun 2 jenis dari boot sector sendiri yaitu "hard boot sector dan soft boot sector" 
nah hard boot sector sendiri adalah keadaan hard disk yang tidak dapat di perbaiki ecuali dengan cara erakhir yaitu dengan low level format atau pemformatan dasar.

Baca Juga : Cara Mengatasi Android Lemot

sedangkan soft boot sector sendiri adalah keadaan hardisk yang masih bisa di perbaiki nah kali ini saya akan membahas mengenai cara memperbaiki soft bootsector hard disk

1. agan harus membuka windows explorer atau agan bisa juga menggunakan tombol kombinasi seperti   menekan (tekan tombol windows + E pada keyboard agan).

2. lakukan klik kanan pada hardisk agan yang akan di cek kemudian klik properti.

3. setelah itu yang harus anda lakukan yaitu membuka tab tools dan pilih pada bagian error cheking       pilih lah "check now".



4. centang lah kedua pilihanya lalu agan tinggal meng klik start.

5. stelah itu otomatiis akan terjadi restart untuk memulai proses akhirnya.

pengecekan ini memakan waktu yang cukup lama karena harus membaca setiap file dan untuk itu agan harus sabar atau bisa juga melakukan nya pada saat agan tidak di gunakan untuk bekerja atau bermain barangkali jadi tidak mengganggu waktu agan beraktifitas sehari-hari.

oke deh sekiandan demikian artikelini di buat semoga yang membaca ini ilmunya tambah banyak dan dapat menyelesaikan segala masalah yang ada pada dirinya, saya minta maaf apabila ada tulisan yang kurang tepat atau terlalu sulit untuk di pahami oleh agan sekalian maklum saya masih newbie.

terima kasih sudah membaca artikel saya yang berjudul cara memperbaiki hard disk boot sector.
untuk agan yang ingin mengetahui tentang tips dan trik seputar komputer bisa mengunjungi blog saya di http://bejokuu.blogspot.com

sekian wassalamualaikum wr.wb 



1 komentar


Top